Sejarah Desa Sukoharjo

31 Januari 2017 19:18:39 WIB

           Desa Sukoharjo merupakan salah satu dari 20 (dua puluh) desa yang terletak wilayah administrasi kecamatan Pacitan kabupaten Pacitan. Desa Sukoharjo merupakan cikal bakal berdirinya Kota Pacitan, dulunya Desa Sukoharjo adalah sebuah Katumenggungan yang dipimpin Raden Tumenggung Notopuro. Menurut sejarah Raden Tumenggung Notopuro adalah bupati pertama yang diangkat langsung oleh Kesultanan Surakarta.

           Guna mengingatkan generasi penerus terkait sejarah Pacitan, hampir setiap malam menjelang hari jadi Kota Pacitan, desa yang menjadi cikal bakal Kota Pacitan ini mengadakan acara dan ritual.  ritual pengambilan air di sumur njero yang biasa disebut Ritual Kirab Tirtowening. Sumur njero adalah sumur peninggalan Raden Tumenggung Notopuro yang selalu digunakan dalam Prosesi hari jadi Pacitan, sumur ini digunakan hanya setahun sekali, setiap diadakan Ritual Kirab Tirtowening tersebut. Bukan sembarangan ritual, proses pengambilan air dalam sumur njero haruslah didampingi juru kunci. Air yang diambil dari sumur akan diletakkan dalam kendhi, kemudian dikirab oleh selir-selir,warga njeroan  dan tokoh Masyarakat  dan  diserahkan Kepada Kepala Desa Sukoharo dan disemayamkan Di Balai Desa dan Keesokan harinya, kendhi kemudian dikirab menuju Pendopo Kabupaten Pacitan untuk Diberikan Kepada Bupati Pacitan sebagi Pertanda mulainya seluruh kegiatan Prosesi Hari Jadi Kota Pacitan.

           Desa Sukoharjo di sebelah bagian timur sendiri berbatasan dengan Kecamatan Kebonagung, yang merupakan pintu gerbang masuk Kecamatan Kota, dengan  kondisi fisik alamnya sebagian terdiri dari perbukitan.

       

 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Sukoharjo

tampilkan dalam peta lebih besar